Kampas Rem : Terkadang Terlupakan Padahal Kunci Keamanan Berkendaraan

"Teh, ini mah kampas remnya udah tipis" 



Jujur waktu tahu hal tersebut, aku bingung banget. Karena aku anaknya bukan otomotif banget hahaha, padahal udah pake motor kemana-mana di Bandung sekitar 3 tahunan. Tapi, ya tahunya make aja, gak ngerti apa-apa, paling yang ngeuh adalah kalau ban kempes. Tapi, soal lain-lain, duh mana paham. Dan, hal tersebut, aku tahu ketika motor aku mogok, terus ada yang bantu, dan kakanya bilang, kalau motor aku harus masuk tempat servis, salah satunya ya kampas rem. 

Nah, akhirnya sore ini, aku putuskan untuk ke salah satu tempat servis motor, yang deket dengan rumahku. Berlokasi di daerah Sukamiskin, Bandung. Aku, beraniin diri buat nanya-nanya dengan mekaniknya.

"A, kalau kampas rem itu apa ya?"

Beruntung banget, mekaniknya baik, mau jelasin secara rinci. Sore itu yang bertugas, adalah ka Rizki. Tim-tim lainnya di Planet Ban juga, sangatlah ramah. Aku juga sempet nanya.

“A, motor apa yang sering kampas remnya tipis?”

“ Yang mudah remnya tipis, kebanyakan motor matic teh” begitu kata kaka mekaniknya. Dan, kebetulan motor aku memang, motor matic. Jadi, senyum-senyum sendiri aku jadinya, secara servisnya gak pernah, ya ampun, emang ya, harus teredukasi dulu nih!

“Kampas rem, ada 2 ya teh. Ada Brake Pad & Brake Shoe.”

FYI : Buat yang biasanya baca blog aku buat make up dan skincare, sekarang edisi otomotif dulu ya, apalagi buat pengguna motor cewek, jangan sampai kaya aku heheh, bener-bener gelap soal dunia servis motor.

“Brake Pad : Piringan rem ( disc brake) menjadi rusak /timbul baret dan resiko overheat pada system rem sehingga beresiko menyebabkan kecelakaan serius. Ada juga, Brake Shoe dimana kondisi tromol menjadi baret, performa pengereman menjadi menurun sehingga beresiko menyebabkan kecelakaan.”

Kampas Rem, terdiri dari depan dan belakang ya sis. Dan, keduanya berbeda. Kampas rem memiliki fungsi utama sebagai faktor keamanan kendaraan, dan supaya kendaraan tidak panas berlebihan. Kampas rem merupakan komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan, kampas rem bekerja keras untuk memperlambat atau menghentikan pergerakan roda kendaraan. Kampas rem yang aus atau rusak dapat mengurangi efektivitas pengereman, meningkatkan jarak pengereman, dan meningkatkan risiko kecelakaan. 

Sepulang, dari tempat servis, aku langsung cari-cari lebih lanjut juga nih soal kampas rem, dari berbagai sumber.

Ternyata, kampas rem yang aus atau tipis dapat merusak bagian-bagian lain dalam sistem pengereman, seperti cakram atau drum rem. Jika dibiarkan tidak terawat, kerusakan pada sistem pengereman dapat menjadi lebih parah dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih besar. Jadi, memang harus banget, sebagai pengendara sepeda motor, wajib melakukan servis kampas rem secara teratur, supaya bisa mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pengereman dan menghemat biaya perbaikan yang tidak perlu.

Kampas rem yang berfungsi dengan baik tidak hanya meningkatkan keselamatan, tetapi juga meningkatkan performa kendaraan kita secara keseluruhan. Pengereman yang efisien dan responsif memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengendalikan kendaraan, terutama dalam situasi darurat atau kondisi jalan yang sulit dan terjal bagaikan kehidupan ini #ceilahh. Dengan melakukan servis kampas rem secara teratur, kita dapat memastikan bahwa kendaraan tetap responsif dan mudah dikendalikan di jalan raya.

Meskipun servis kampas rem membutuhkan biaya, biaya tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan biaya perbaikan yang diakibatkan oleh kerusakan pada sistem pengereman akibat kampas rem aus. Harganya gak semahal yang dibayangkan ya, sis!

INGAT!! Servis kampas rem adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik kendaraan.

Yuk, kita utamakan keselamatan dalam berkendara, dimulai dari menghindari kerusakan lebih lanjut pada sistem pengereman, rutin cek servis untuk meningkatkan performa pengereman kendaraan Anda, dan menghindari biaya perbaikan yang tidak perlu, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap berjalan dengan baik dan aman di jalan raya. Jadi, janganlah malas kaya aku ya buat servis motor, khususnya kampas rem secara berkala. Karena, itu adalah investasi kecil yang akan memberikan hasil besar dalam jangka panjang.

 

Komentar

  1. Awal baca kubacanya kapas rem lho, makanya kepo bgt apaan kapas buat rem? Ternyata kampas rem 😆 nice info btw beb 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaci ka hehehe, duh biasanya review lipen moga sampe ya pesannya wkwkw

      Hapus
  2. Informatif banget ya, apalagi diingatkan untuk service kampas rem nya

    BalasHapus

Posting Komentar