7 Tips Eksfoliasi Nyaman Untuk Pemula

Hallo temen-temen apa kabarnya? Jadi di tulisan kali ini, aku mau berbagi mengenai "eksfoliasi" alias metode mengangkat sel kulit mati. Yang mana ad 2 metode populer yaitu secara "fisik" atau "chemical". 




Dulu, awal-awal eksfoliasi aku sering banget pakai scrub, cuman memang semakin menua umurku, aku jadi semakin malas. Sebagaimana yang kita tahu, kalau scrubbing, kadang harus ditunggu dulu baru digosok, heheh. Sampai akhirnya mengenal " Chemical exfoliator" dan mencoba lah, karena asal nyoba aja biar kekinian akhirnya wajah jadi iritasi sampai mengelupas. 


Cerita lengkapnya, temen-temen bisa tonton di Youtube ya, biar nambah view juga, soalnya baru ditonton 34 orang wkwkw. 

Oke.. Lanjut ya. Belajar dari pengalaman. Akhirnya aku mulai belajar tentang chemical eksfoliasi. Untuk temen-temen pemula, ini dia tips yang sudah aku jalankan. 

1. Pahami kondisi kulit

Agar dapat menentukan metode eksfoliasi yang cocok. Apakah bisa fisik, atau chemical. Semisal, kulit sensitive tidak direkomendasikan untuk melakukan eksfoliasi secara fisik. 

2. Pelajari kandungan skincare

YES, riset dulu! Jangan sampai hanya gara-gara ingin kekinian kayak aku, jadi malah muncul musibah wkwk. Kita dapat mengakses jurnal-jurnal, atau bisa cek review temen-temen skincare enthusiast di media sosial. 

3. Jangan OVER EXFO! 

Hasil dari Eksfoliasi memang akan membuat kulit menjadi mulus, tekstur kulit menjadi Oke, dan menghempas permasalahan kulit yang mengganggu akibat penumpukan sel kulit mati, salah satunya komedo. Tapi, ingat jangan terlalu sering. Gunakan produk eksfoliasi 2-3x seminggu. Tergantung kebutuhan. Karena produk eksfoliasi bukanlah produk yang dapat digunakan secara rutin setiap hari. 

4. Pastikan kulit dalam keadaan LEMBAP

Sebelum eksfoliasi jangan sampai kulit dalam keadaan kering, karena akan memicu sensitifitas pada kulit. Pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih, lembap. Produk yang digunakan sebelum eksfoliasi, biasanya produk yang menghidrasi kulit namun tetap ringan, seperti hydrating toner. 

5. Gunakan saat malam hari

Gunakan produk eksfoliasi saat malam hari. Dan, gunakan sunscreen saat pagi harinya. 

6. Layering? Masih bisa gak sih? 

Bisa ko, asal sudah paham dengan poin nomor 2 ya. Pastikan produknya bersifat soothing dan anti irritant supaya bikin kulit adem. Dan, pastikan sebelum layering, produk sudah dibersihkan atau dipastikan sudah meresap. 

7. Rekomendasi produk? 


Ini adalah Serum Exfoliasi ternyaman untuk kulit aku yang pernah iritasi akibat "chemical exfoliator" padahal konsentrasinya tinggi, kandungan AHA 6%, BHA 2%, dan PHA 2%. Produknya dilengkapi juga dengan Chamomile dan Calendula sebagai anti irritant dan soothing.  

Dibanderol dengan  harga Rp 92.000, ini masih patut diperjuangkan. Sugar Rush Exfoliating Serum beneath! by Bhumi Skincare merupakan inovasi terbaik Serum exfoliator. 




Hadir dengan kemasan yang lucu, warna kuning segar, seolah memberi pesan bahwa "Jangan Takut Eksfoliasi". Penggunaannya cukup praktis, untuk pemula digunakan 3-4 tetes saat malam hari, diamkan max 20 menit lalu bilas. 

Di awal-awal pemakaian aku pakai metode " Wash off" Namun di minggu berikutnya, kulitku sudah siap, untuk menggunakan metode leave on. Jadi setelah pakai Serum nya dan meresap bisa langsung layering dengan skincare lain. Oh ya, Serum satu ini juga mudah meresap ya, gak ada sensasi lengket. 




Hasilnya adalah kulit aku belum ada komedo semenjak 2 minggu pemakaian padahal lagi rajin pakai make up. Kulit jadi kenyel dan cerah, karena ada kandungan Niacinamidenya juga di produknya. Saat pemakaian terasa nyaman, tidak ada tingling yang mengganggu. Hanya ada reaksi produk untuk beberapa saat, dan itupun bukan yang bikin gelisah gak enak diem. Semuanya berjalan damai wkwkw. 

Produk ini juga telah memiliki klaim dapat digunakan untuk remaja. Wow!! 

Gimana? Gimana? Tertarik mencoba juga kah? Kalau aku sih YES! Yuk samaan gais, eksfoliasi kulit menggunakan Sugar Rush Exfoliating Serum beneath! By Bhumi. 

Kamu juga bisa dapatkan produknya disini ya : https://shope.ee/5pSTDQmYqW (available di SHOPEE) 

Jadi, itu dia 7 poin penting yang ingin aku sampaikan mengenai eksfoliasi untuk pemula. Kalau ada saran atau hal yang belum aku ketahui, boleh diskusi di kolom komentar ya. 





Komentar