FEBRUARI : Perpaduan Tangis Tawa Jadi Aku

Tiba-tiba bulan Februari, aku alami juga bulan ini. Ya Allah terimakasih atas nikmat waktu-Mu. Bulan ini, Mba Opi bertemu antara rindu, perayaan, air mata, yang harus mba Opi balut dengan doa. Benar-benar rasanya senang sekali bercampur haru, bertemu dengan tanggal ulang tahun di bulan ini, dua anak bungsu kesayangan, yang satu anak bungsuku, Ade Zay, dan yang satu lagi adek bungsu tercinta (Alm) Feradina Giwangkara Rahmawati, Al-Fatihah. 


Mba Opi cuma manusia, masih belum bisa kendalikan sedih, namun tetap mencoba sadar bahwa Mba Opi punya Allah. Di hari ulan tahun ade Zay tanggal 13 Februari lalu, Mba Opi menangis terharu, melihat kekuatan ade Zay, dan kebersediaannya menjadi anak Mba Opi dan Papa Viky. Ada rasa malu, dan rasa bersalah, karena selama satu tahun kehidupan Ade Zay, kedua orangtuanya sedang saling bahu membahu membasuh luka, seringnya mamanya menangis, dan papa sibuk main game hahaha. 

Dear...Ade Zay, terimakasih sudah tumbuh jadi anak perempuan yang Masya Allah cantik dan berisik, bisa manggil Mama dengan kencang. Marah-marah kalau popok penuh, dan dudukin muka mama kalau mama susah bangun, karena Ade pup, uu bau heheheh. Ade Zay belum satu tahun, sudah disapih. Ada rasa sedih, sakit disana. Tapi, mama sungguh bukan sengaja. Terimakasih, dari sejak hamil, sudah mama repotkan dengan mama yang fokus mengobati luka dan ketakutan mama, ade ikut mama tes kuliah, sampai ikut kuliah, saat lahir, ade temani mama yang sedang hilang arah, kemudian di akhir tahun menemani mama yang kehilangan, sampai ade harus sakit, karena mama gak profesional, mama terlalu fokus pada rasa sakit, padahal soal kehilangan itu sudah ketentuan-Nya. Ade Zay, senyumnya mahal, cuman Kaka Ziv dan Papa yang bisa bikin ade ketawa, kalau sama mama gak asik ya de hihii. Terimakasih ade, selalu antusias setiap mama masak, ikut mama shalat, dan bangunin mama shalat shubuh. Semoga kebahagian selalu menyertai ade Zay sampai nanti, dan selalu dalam Lindungan Allah pastinya. Semoga Allah mengizinkan Mama jadi lebih baik ya De. 

Masya Allah.Allahuma Barik. 

Dan, hari ini di hari tanggal 16 Februari, hari lahir alm Oty Inut, alm Feradina Giwangkara Rahmawati. Mba Opi, duduk di kafe menghadap kursi kosong, berperan menjadi seorang kaka yang merindukan adiknya. Ritual hari kamis dan jumat beberapa bulan kebelakang, sebelum kepergian ade di tanggal 30 November 2023, kita selalu bersama. Curhat dari A-Z ke tempat-tempat pilihan mba Opi di kota ini, Kota Bandung. Terimakasih ade, selama ini menjadi ade yang baik, buat mba Opi. Semasa hidup, ade adalah sosok yang selalu mba opi rindukan, sampai kamu tiada pun, ade semakin mba opi rindukan. Kalau semasa hidup, saaat rindu mba opi bisa neror semua media sosial ade, sekarang mba Opi jalurnya lewat Allah, titip salam dan doa. Inginnya, hari ini mba opi pulang ke Banjar, ziarah ke makam ade tapi rencana tak semulus rencana, Gwenchana hehehe. Tahun 2024 ini, rencananya Mba Opi dan Ade travelling ya de, tapi Allah punya rencana Indah lain. Kehilangan ade, membuat Mba Opi semakin ingin banyak curhat sama Allah, kalau rindu ini lagi kenceng, mba Opi sekuat tenaga ubah kangen jadi dzikir. Kadang juga sesekali nyanyi lagu JKT48 HEHEH. 

Ya Allah, rasanya mba Opi ingin teriak kencang banget, lari sekuat tenaga, tapi mba Opi ingat. Kehilangan ini bukan hanya Mba Opi yang punya. Dari, kehilangan ade Inut tercinta, Mba Opi semakin menikmati nangis sambil bercerita denganMu.Belajar dari kehilangan-kehilangan yang sudah Mba Opi hadapi, kehilangan Ade Inut, memang teramat sungguh pilu. Masih terasa hangat mendekapnya saat bayi, mengantarnya sekolah, mengganggu waktu tidurnya, memaksanya keluar kamar, sampai akhirnya kini aku hanya bisa merasakan buliran-buliran kasar tanah di makamnya. RINDUUUUUUU!! Tak sempat memeluknya, disaat perjalanannya menuju ke arah mba opi. Kadang ada rasa pilu, membayangkan ia meninggalkan dunia, tanpa keluarga di sisinya. tapi Allah Maha Tahu, Allah sebaik-baiknya Sang Maha Pelindung dan Pemilik apa yanga da di muka bumi ini. Kepergiannya tak akan pernah terlupa, izinkan air mata ini tetap terjatuh dan mengalir saat merindukan alm Inut Ya ALLAH, AKAN KUSEBUT NAMAMU BERKALI-KALI, izinkan saat akau merindukannnya membuat aku semakin dekat dengan-Mu. Allahu Akbar.

Hapuskanlah rasa kecewa, hapuskanlah rasa berat atas kehilangan ini ya Allah. Hapuskanlah rasa takut akan kehilangan, hapuskanlah rasa takut menjadi tak sempurna.

Yah, begitulah Februari ini. Akan menjadi bulan yang harus aku jalani selama aku hidup. Sesak tapi hidup harus tetap berjalan. Ketika kehilangan beriringan dengan kehidupan, jalan pintasnya hanyalah SELALU BERKEYAKINAN BAIK kepada Rencana Allah SWT. 


Komentar